Rabu, 25 Desember 2019

Dukung Pemerintah Kembangkan SDM Unggul, ini Langkah Kadin


deskripsi: Membangun SDM unggul Indonesia, Kadin mendorong pengembangan industri kreatif lebih maksimal. Seperti apa langkah memajukan industri  kreatif di era 4.0?
Sebagaimana yang dicita-citakan dan sedang coba dijalankan pemerintah saat ini, mewujudkan SDM unggul hingga memiliki daya saing dan produktivitas yang tinggi jadi kerja bersama semua pihak. Kadin sendiri sebagai organisasi yang fokus di bidang ekonomi lebih menekankan pada pengembangan ekonomi kreatif.
Selain itu, pengembangan ekonomi digital juga menjadi hal yang cukup penting untuk peningkatan kualitas SDM Indonesia. Berdasarkan riset e-Conomy SEA 2019 terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi digital yang pesat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kamu merasakannya bukan?

Pengembangan Industri Kreatif untuk SDM Unggul

Wakil Ketua Umum Kadin untuk Bidang Industri Kreatif, Erik Hidayat menyebutkan pengembangan industri kreatif di Indonesia sangat penting dilakukan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Industri ini telah terbukti memberikan kontribusi ekonomi yang besar bagi masyarakat.
Pengembangan industri kreatif membutuhkan SDM unggul yang memiliki kompetensi, keterampilan dan produktivitas yang tinggi. Secara bersama-sama industri kreatif dan pengembangan SDM akan berjalan. Pengembangan industri kreatif akan mendorong pengembangan SDM unggul yang lebih siap menguasainya.
Industri kreatif mencakup 16 subsektor yang menarik untuk dikembangkan, diantaranya seni rupa, seni pertunjukan, musik, fashion, televisi dan radion, penerbitan, aplikasi dan game, kuliner, film animasi-video, desain produk, arsitektur, desain komunikasi visual, kerajinan kriya, fotografi periklanan, desain interior, dan periklanan.
Indonesia cukup prospek melakukan pengembangan industri kreatif di sektor media, desain, elektronik dan kekayaan budaya. Indonesia dengan keragaman budayanya memiliki potensi yang lebih besar untuk dikembangkan di bidang industri kreatif.

Pengembangan Ekonomi Digital untuk SDM Unggul

Selain ekonomi kreatif, pengembangan ekonomi digital juga membutuhkan SDM unggul. Pengembangan ekonomi berbasis teknologi ini akan mendorong banyak orang belajar lagi tentang penguasaan teknologi. Penguasaan teknologi dalam ekonomi digital bermakna pada penguasaan ekonomi. Mereka yang paham teknologi yang akan bisa bersaing.
Berbagai kegiatan  saat ini cukup banyak yang mengacu pada peningkatan SDM unggul untuk ekonomi digital. Pengusaha-pengusaha yang masih bermain di ranah offline terus didorong untuk bisa memanfaatkan teknologi digital untuk aktivitas bisnisnya.
Ekonomi digital saat ini memiliki beberapa subsektor yang berkembang cukup baik di Indonesia, di antaranya media online, jasa keuangan digital, e-commerce, wisata perjalanan, dan transportasi berbasis aplikasi daring. Sektor-sektor ini membutuhkan SDM unggul untuk siap bersaing dan menjalankannya.
Revolusi Industri 4.0 menuntut SDM yang siap bersaing di bidang teknologi. Memperkenalkan sektor ekonomi digital kepada pelaku usaha secara langsung mendorong mereka untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas. Segala sesuatu begitu cepat berubah karena adanya sistem teknologi yang bekerja.
Kadin sendiri secara internal selalu memberikan program-program pengembangan SDM unggul dengan pengetahuan berbasis digital. Mulai dari Kadin daerah hingga tingkat pusat memperhatikan hal ini dan kerap menyediakan sarana pelatihan dan bimbingan bagi para anggotanya.

Ekonomi Kreatif atau Ekonomi Digital?

Bagaimana menurut kamu tentang fokus pengembangan dua sektor ekonomi di atas? Ekonomi kreatif atau ekonomi digital yang menarik untuk kamu kembangkan? Saat ini orang menilai, ekonomi digital lebih banyak dikembangkan kalangan muda, padahal semua generasi bisa bersaing di sektor ini.
Penguasaan teknologi menjadi tuntutan semua generasi. Kamu yang sudah bergerak cukup lama di bisnis konvensional saatnya kini mengambil peran peningkatan SDM unggul di bidang teknologi. Kuasai teknologi, maka kamu akan siap bersaing hingga ke level internasional.
Kadin mendorong pengembangan industri kreatif dan ekonomi digital untuk terus digalakkan guna menumbuhkan SDM unggul yang lebih banyak lagi. Bila masyarakat memandang ini sebuah kebutuhan, maka peningkatan kapasitas SDM unggul akan dilakukan dengan dorongan keinginan sendiri. Kamu setuju?

0 komentar:

Posting Komentar