Jumat, 18 Oktober 2019

Selain Kondisi Mesinnya, Cek Harga Mobil Bekas Pasaran Sebelum Membeli Mobil Second


Membeli mobil bekas merupakan salah satu solusi bagi siapa saja yang membutuhkan alat transportasi keluarga atau pribadi yang murah meriah. Dibandingkan mobil baru, mobil bekas tentu memiliki harga yang lebih terjangkau namun dengan kualitas yang tak kalah jauh dibandingkan mobil baru keluaran showroom. Meski begitu karena Anda akan membeli mobil yang telah digunakan sebelumnya bahkan telah dipakai lebih dari satu tangan, maka meneliti kondisi mobil dengan detail merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum membeli. Kondisi mesin selalu menjadi konsen utama saat melakukan survey mobil. Namun selain itu, jangan lupa untuk cek harga mobil bekas agar Anda tidak membeli mobil terlalu mahal atau terlalu murah yang bisa jadi mengindikasikan suatu kekurangan.



Sebelum melakukan pembelian mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu mengingat kondisi mobil yang akan Anda beli bisa berbeda-beda tergantung pemakaian sebelumnya. Berikut ini adalah apa yang perlu Anda periksa terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pembelian mobil:

  1. Body mobil.
Meski body bukan merupakan hal yang utama, namun semua berawal dari pandangan mata. Body yang masih utuh dan baik akan memberikan penampilan yang juga baik. Selain itu kekuatan body juga akan mempengaruhi kekuatan mobil untuk menahan benturan. Tak berarti Anda harus memilih mobil lama yang memiliki body mulus seperti baru, namun setidaknya jika ada body yang lecet apalagi berkarat, seharusnya berpengaruh terhadap harga mobil tersebut.

  1. Mesin mobil.
Mesin mobil merupakan point yang paling utama saat memeriksa mobil bekas. Karena itu perlu untuk membawa serta teman atau keluarga yang mengetahui mengenai kondisi mesin mobil agar mendapatkan second opinion yang tepat. Jangan membeli mobil dengan kondisi mesin mati atau bermasalah seberapapun baik body atau interiornya karena bisa jadi Anda akan mengeluarkan uang banyak untuk melakukan perbaikan mesin.

  1. Harga pasaran.
Cek harga mobil bekas sebelum melakukan transaksi atau memilih iklan mobil mana yang akan di survey. Dengan begitu Anda sudah memiliki gambaran berapa nominal standar yang perlu dimiliki untuk membeli mobil tipe tersebut. Akan tetapi perlu diingat bahwa tak ada batasan standar untuk harga mobil bekas karena semuanya tergantung pada kondisi mobil tersebut. Bisa jadi sebuah mobil memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan mobil bekas lainnya karena benar-benar dirawat sehingga memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan mobil bekas di tahun yang sama. Begitu juga sebuah mobil seharusnya memiliki harga yang lebih murah jika terdapat kekurangan di bagian mesin atau bodynya.

  1. Surat-surat kelengkapan.
Selain memeriksa mobil, periksa juga kelengkapan surat-surat yang dimiliki seperti BPKB dan STNK. Perhatikan juga masa ganti STNK dan BPKB pastikan mobil masih berada di masa aman dan belum terlambat untuk pengurusan pajak dan sebagainya. Anda juga bisa memilih mobil yang memiliki masa pakai STNK lebih lama sehingga mengurangi biaya yang harus dikeluarkan dalam waktu dekat.

Dengan mengecek kondisi mobil, surat dan cek harga mobil bekas, Anda akan bisa mendapatkan mobil second yang berkualitas dengan harga yang sesuai kondisinya. Pada saat mengecek lakukan test drive bersama dengan kawan atau keluarga yang paham kondisi mesin sehingga bisa merasakan kenyamanan berada di balik kemudi mobil tersebut. Untuk masalah interior, bisa Anda ganti sendiri sesuai selera dan perlu dimaklumi jika interior asli sudah tak sebaik mobil baru.

0 komentar:

Posting Komentar