Senin, 07 Oktober 2019

Apa Itu Mirror Syndrome, Kondisi Langka yang Dialami Irish Bella?

Irish Bella serta Ammar Zoni tengah berduka. Bayi kembar mereka wafat pas di umur tujuh bulan dalam kandungan, kejadian yang di dunia medis disebutkan stillbirth.



Berdasarkan penjelasan dr Gatot Abdurrazak, SpOG, yang mengatasi masalah, Irish hadir telah dalam keadaan beresiko. Di hari Minggu detak jantung dua anak dalam kandungan masih ada tetapi tekanan darah Irish Bella naik.

"Minggu pagi saya hadir visit, detak jantung masih ada, tetapi ibunya tekanan darah naik. Mirror syndrome sudah naik. Pasien jam 9 dipindah ke HDU (High Dependency Unit), serta nyatanya tidak ada detak jantung (bayinya). Wafat direncanakan jam 8," jelas Gatot.

Diambil dari jurnal Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing tahun 2015 mirror syndrome ialah komplikasi langka beresiko pada kehamilan. Mirror syndrome berlangsung saat ada penimbunan cairan pada janin bertepatan dengan sang ibu alami hipertensi yang terkait dengan kehamilan (preeklamsia).

"Keadaan pada ibu menggambarkan edema (pembengkakan sebab penimbunan cairan -red) yang berada di janin serta atau plasenta.

"Penimbunan cairan ini dapat tingkatkan efek kematian bayi serta efek kematian ibu," sambungnya.

Menurut dr Gatot sebelum wafat semua badan anak Irish Bella di kandungan telah kelihatan abuh.

"Jadi Irish hadir jumat pagi sudah stage 4 (keadaan bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) telah abuh jantungnya. Semua badan abuh serta pertumbuhannya kecil," jelas dr Gatot di Rumah Sakit Anak serta Bunda Keinginan Kita, Jakarta Barat.

0 komentar:

Posting Komentar