Senin, 02 September 2019

5 Manfaat Belajar Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak


Menggambar dan mewarnai merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak-anak, lantaran prosesnya menyenangkan. Dengan belajar menggambar, mereka bisa menuangkan imajinasi yang selama ini bertengger di kepala mereka. Selain itu, gambar-gambar yang dihasilkan juga merepresentasikan tingkat kreativitas dan suasana hati anak. Begitupun dengan mewarnai yang mengajarkan anak tentang keindahan warna. Memberikan kesempatan les anak untuk menggambar dan mewarnai mungkin akan membantu pertumbuhan kreativitas anak Anda berkembang pesat.


Manfaat Belajar Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak

Kebanyakan dari orang tua sangat peduli dan memperhatikan perkembangan kreativitas anak. Maka tidak heran apabila para orang tua, khususnya zaman sekarang, mengikutsertakan anak-anak mereka kursus menggambar atau melukis sejak dini. Selagi masih muda, anak Anda mudah diarahkan potensi dan bakatnya. Dibalik itu semua, menggambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Apa saja manfaatnya akan diuraikan di bawah ini.

  1. Sebagai Media Berekspresi
Sama halnya dengan orang dewasa, kegiatan mewarnai pada bidang kosong dapat merepresentasikan perasaan si kecil. Melalui gambar yang dibuat, Anda dapat melihat bagaimana si kecil berekspresi serta meluapkan perasaannya. Apakah dia sedang bahagia atau sedih. Mengekspresikan sebuah perasaan sendiri merupakan hal yang penting bagi manusia, tidak terkecuali anak-anak.

  1. Membantu Mengenal Perbedaan Warna
Membiasakan si kecil menggunakan crayon atau pensil berwarna sejak dini dapat membantu sistem motoriknya mengkurasi warna. Alhasil mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan yang lainnya. Kegiatan mewarnai juga melatih bakat seni si kecil dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan yang seperti inilah dapat membantu anak Anda berkreasi seiring perkembangan usianya.

  1. Warna Merupakan Media Terapi
Warna dapat menjadi sarana terapi bagi manusia karena menggambarkan emosi seseorang. Misalnya, seorang anak mewarnai matahari dengan warna gelap, artinya anak itu sedang mengekspresikan kemarahan. Selain itu, warna dapat memperlihatkan sifat dasar manusia.

Sebagai contoh, garis-garis teratur yang digambar si kecil menandakan bahwa ia memiliki kecenderungan hidup teratur. Terlepas dari itu semua, warna dapat menjadi terapi untuk meringankan stress setelah lelah melakukan aktivitas.

  1. Melatih Si Kecil Menggenggam Pensil
Bagi sebagian anak, menggunakan pensil merupakan sebuah kegiatan yang sulit dilakukan. Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak usia dua sampai tiga tahun. Rentang usia ini identik dengan kondisi anak yang sedang dalam masa pembelajaran.

Maka, saat menggambar atau mewarnai dengan pensil atau krayon itulah pertama kalinya dia menggenggam dan mengontrol pensil di tangannya. Kemampuan inilah yang nantinya dapat membantu si kecil menulis saat menempuh pendidikan sekolah dasar.

  1. Melatih Kemampuan Koordinasi
Kegiatan les gambar yang dilakukan si kecil dapat membantu melatih kemampuan koordinasi. Dalam proses mewarnai tentunya memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan. Mulai dari menggunakan pensil dan crayon hingga pemilihan warna. Kemampuan koordinasi sejak dini dapat membantu perkembangan dasar anak hingga dewasa. Kemungkinan ia lebih expert dalam melakukan komunikasi.

Nah, demikianlah beberapa manfaat dari aktivitas menggambar dan mewarnai bagi anak-anak. Tujuan utama les anak dalam hal menggambar dan mewarnai ialah meningkatkan pertumbuhan motorik anak. Kemudian dapat melatih anak dalam mengungkapkan ide dan perasaannya. Dengan demikian, kemungkinan anak Anda lebih terbuka saat dewasa nanti merupakan hasil dari pembelajaran menggambar dan mewarnai masa kecil.

0 komentar:

Posting Komentar