Jumat, 23 Agustus 2019

5 Cara Ampuh Mengurangi Keringat Berlebih


Apakah Anda tipe orang yang mudah berkeringat? Alasannya Anda bisa jadi memiliki masalah tertentu dalam hal kesehatan seperti hiperhidrosis. Mungkin juga Anda mudah gugup dan stress sehingga muncul keringat berlebih. Apapun penyebabnya, keringat yang berlebih memang sangat mengganggu dan bikin Anda gak percaya diri. Nah, untuk itu Anda harus mencari cara mengurangi keringat berlebih agar bisa tampil enjoy dan nyaman di depan banyak orang.



Cara Ampuh Mengurangi Keringat Berlebih

Berbagai cara dapat Anda lakukan dalam hal mengatasi keringat yang berlebihan, mulai dari menggunakan deodorant, anise plant, menghindari makanan pedas, merubah pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

Namun, keringat yang berlebih tidak hanya disebabkan faktor luar tubuh, bisa jadi faktor dalam tubuh seperti memiliki penyakit kronis dapat menyebabkan keringat Anda keluar secara berlebihan. Mengenai cara ampuh mengurangi keringat berlebih ini akan diuraikan di bawah ini.

  1. Pakai Antiperspirant
Apabila deodoran biasa tidak mampu mengurangi keringat yang menempel pada kulit Anda, maka coba pakai deodorant yang mengandung antiperspirant lebih kuat. Deodorant yang mengandung antiperspirant dapat Anda temukan di apotek atau toko obat. Anda bahkan dapat menambahkan resep khusus dari dokter kalau memang membutuhkan antiperspirant yang formulanya lebih manjur.

  1. Hindari Makanan Pedas
Anda menyukai makanan pedas? Cobalah menghindarinya dari sekarang, apalagi kalau keadaan Anda sedang stress, gugup, dan cemas. Tidak menghindarinya juga cobalah untuk dibatasi, karena makanan pedas bisa meningkatkan produksi keringat yang berlebih. Terkadang ada beberapa orang yang sedang mengalami gejala stress dan cemas justru malah makan makanan pedas. Alhasil kulitnya memproduksi keringat yang berlebihan.

  1. Pakai Baju Tipis yang Menyerap Keringat
Baju yang menyerap keringat alangkah baiknya digunakan saat Anda sedang tidur, bepergian, maupun saat berolahraga. Kain yang menyerap keringat biasanya berbahan katun. Kemampuan menyerap keringat kain katun sangatlah baik, maka upayakan baju dan celana Anda terbuat 100% dari katun. Hindari pakaian yang berbahan sintetis atau polyester yang tidak bisa menyerap kelembaban.

  1. Pilih Pakaian yang Longgar
Cara mengurangi keringat berlebih yang selanjutnya ialah memilih dan menggunakan pakaian yang longgar. Karena pakaian yang ketat akan membuat tubuh dan kulit Anda sulit bernafas. Menggunakan pakaian yang longgar sangat direkomendasikan, apalagi jika Anda perlu memakai baju yang berlapis-lapis. Mungkin Anda juga bisa merasakan sendiri sensasi menggunakan pakaian yang longgar terhadap produksi keringat yang berlebihan.

  1. Gunakan Kaos Kaki
Kaki juga bisa memproduksi keringat berlebih dan biasanya menjadi sumber bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, pastikan memakai kaos kaki dari bahan yang bisa menyerap keringat kalau sedang mengenakan sepatu yang tertutup. Jangan lupa, Anda tidak boleh mengenakan kaos kaki yang sama selama dua hari berturut-turut. Kalau kaos kaki Anda sudah terkena keringat segeralah ganti dengan yang baru.

Nah, demikianlah beberapa cara mengurangi keringat berlebih yang dapat Anda lakukan dan kami rekomendasikan. Cara-cara ini sangatlah mudah asalkan Anda ada kemauan. Cara-cara ini sangat berkaitan dengan pencegahan dari luar tubuh Anda, maka Anda mesti konsisten dalam melakukannya. Tujuannya yang pasti agar keringat yang diproduksi tubuh Anda dapat berkurang.

Selain cara-cara di atas, sebenarnya ada juga alternatif lain seperti ganti sepatu setiap hari, mengendalikan stress serta emosi negatif dengan cara meditasi atau yoga, berhenti merokok, menjaga berat badan ideal, dan terakhir periksa ke dokter.

0 komentar:

Posting Komentar